Ingin Jantung Sehat, Coba Senam Tai Chi

Studi terbaru yang dilakukan para ahli dari Hong Kong Polytechnic University menyatakan bahwa seni beladiri dan senam kesehatan Taichi baik bagi kesehatan jantung, mencegah tekanan darah tinggi, dan memperkuat otot.

Penelitian ini melibatkan 65 lansia yang 29 diantaranya mengikuti klub senam Taichi selama 90 menit setiap minggu dalam tiga tahun. Hasil dari survey tersebut menunjukkan bahwa orang-orang yang rutin melakukan Taichi memiliki jantung dan otot lutut yang lebih sehat.

Taichi juga diduga meningkatkan kontraksi pembuluh darah yang mencegah penyakit kardiovaskular. Para lansia yang terlibat dalam penelitian dan tidak melakukan Taichi pun memiliki risiko sebesar 33% lebih tinggi terserang penyakit jantung.

"Peningkatan kinerja arteri adalah hasil dari kombinasi latihan aerobik, peregangan, konsentrasi, dan meditasi selama gerakan Taichi," ungkap salah satu peneliti Dr. William Tsang, seperti yang dikutip dari NY News Daily (13/04).

Sebelumnya, ada tiga buah studi yang mendukung penemuan ini. Pertama, tahun lalu para ahli menemukan bahwa Taichi bisa menurunkan depresi, memperkuat tubuh, dan meningkatkan kesehatan mental lansia. Studi kedua yang telah dilaporkan dalam Archives of Internal Medicine pun menyatakan bahwa Taichi membantu pasien meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan. Terakhir, studi yang dilaporkan dalam New England Journal of Medicine menyebutkan bahwa Taichi bahkan baik bagi pasien Parkinson untuk meningkatkan keseimbangan mereka.
[riz]