6 Manfaat Tai Chi


Gerakan Tai Chi adalah "senam" meditatif yang memberikan manfaat bagi raga sekaligus jiwa. Latihan fisik dan olah napasnya telah diteliti, selain dapat meningkatkan kesehatan fisik, mampu menghidupkan kembali bara kehidupan intim suami-istri.

Tai chi yang kita kenal di Indonesia sebagai senam Tai Chi hanyalah satu aspek saja dari Tai Chi. Senam Tai Chi berasal dari budaya Cina Kuno, merupakan perpaduan latihan pernapasan dan meditasi yang terangkum dalam suatu gerakan, yang dikembangkan dari seni perang kuno.

Gerakan-gerakan Tai Chi memiliki banyak manfaat terapeutik, artinya berlatih Tai Chi dapat membantu kesembuhan suatu penyakit atau gangguan pada tubuh. Seperti meredakan stres, meringankan rasa sakit pada persendian, meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Dengan rajin berlatih Tai Chi, kita akan dapat merasakan adanya energi yang secara aktif mengalir di seluruh tubuh kita. Perasaan tenang yang kita peroleh setelah rajin ber-Tai Chi merupakan aspek mediatif, yang membuat partikel-partikel dalam tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Selain itu, rajin berlatih Tai Chi membuat kita merasa percaya diri dan perasaan kita terasa makin nyaman.

Sama halnya dengan senam aerobik gerakan-gerakan Tai Chi juga dapat memberikan manfaat pada seluruh tubuh, karena dapat meningkatkan kekuatan otot, keseimbangan, dan kelenturan. Tai Chi memanfaatkan kekuatan Yin (berasal dari bumi) dan Yang (berasal dari langit), yang dipadukan lewat latihan-latihan fisik membentuk satu formasi gerakan yang akan memberikan keseimbangan dan keharmonisan.

Tai Chi boleh dilakukan dengan bertelanjang kaki atau menggunakan sepatu yang lentur. Awali Tai Chi dengan gerakan meditasi untuk menenangkan pikiran, kemudian lakukan pemanasan dengan gerakan ringan untuk melancarkan sirkulasi darah. Pusatkan konsentrasi penuh ke daerah perut tepat di bawah pusar, yang merupakan pusat dari gaya berat. Setelah itu, lakukan formasi gerakan-gerakan Tai Chi sesuai bimbingan guru. Lakukan setiap gerakan dengan pernapasan dalam. Hayati rangkaian gerakan yang membentuk formasi, misalnya gerakan Bangau Mengembangkan Sayap atau gerakan Menggenggam Ekor Burung.

1.         Meningkatkan kelenturan dan kekuatan
Kenikmatan dan lama bercinta membutuhkan tubuh dan stamina yang baik. Tubuh kurang lentur dapat menurunkan perasaan untuk bercinta. Latihan rutin Tai Chi bukan hanya akan meningkatkan kelenturan tubuh Anda saat bercinta, namun juga membuat perasaan nyaman lebih sensitif.

2.         Pernapasan menjadi lebih kuat
Umumnya kita melakukan proses bernapas secara tidak baik. Pada saat bernapas, kita sering hanya menggunakan bagian paling atas dada dan mengeluarkannya dengan cara seperti terengah-engah, hanya untuk mendapatkan oksigen untuk bertahan hidup. Itu berarti selama ini badan kita kerapkali kekurangan oksigen, yang mengakibatkan fungsi organ-organ tubuh tidak bekerja optimum.

Berlatih Tai Chi membiasakan kita bernapas secara benar. Hal ini akan meningkatkan vitalitas dan kemampuan aktivitas hubungan intim. Keahlian bernapas secara baik yang kita latih lewat ber-Tai Chi, penting untuk mengontrol orgasme dan menjaga kekuatan otot punggung.

3.         Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan semangat
Gerakan Tai Chi dapat mengaktifkan seluruh tubuh berikut organ-aliran organ tubuh, seperti limpa, sehingga kerja limpa membersihkan racun menjadi semakin efektif. Jika seluruh organ tubuh membaik, maka secara pasti kekebalan tubuh akan meningkat.

Ketenangan yang didapat dari berlatih Tai Chi dapat menurunkan stres, sehingga memberi kesempatan lebih leluasa bagi tubuh untuk melakukan pemulihan. Seperti mengganti sel-sel aus dan memperbaiki sel-sel rusak, sehingga mempercepat proses pemulihan gangguan tubuh dan penyembuhan suatu penyakit.

Nah, tubuh yang sehat dan pikiran tenang-nyaman akan membuat kehidupan bercinta semakin mesra dan bergairah.

4.         Meningkatkan relaksasi
Gerakan lentur beraturan, konsentrasi penuh sebagai bagian dari meditasi dalam gerak, latihan pernapasan yang terjaga. Semua "muatan" dalam Tai Chi itu menjadikan tubuh mengalami relaksasi sempurna. Kondisi ini akan mengaktifkan "hormon bercinta" seperti endomorfin dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf perasa. Jangan heran jika setelah rajin berlatih Tai Chi: pandangan, sentuhan, belaian, ciuman hangat dari pasangan akan terasa memberikan desiran lebih hebat dari sebelumnya!

5.         Meningkatkan aliran energi dan chi
Tubuh kita penuh dengan energi dan massa partikel sangat kecil. Berlatih Tai Chi akan meningkatkan pengetahuan Anda tentang aliran energi dan seks. Sebagai contoh, "getaran" yang Anda rasakan menjelanng orgasme sangat dipengaruhi oleh aliran energi yang ditimbulkan oleh gerakan sederhana partikel-partikel bemuatan energi alias chi.

Yang menarik proses menguatkan potensi chiselama kita melakukan Tai Chi berdampak memperbesar aliran energi pada saat kita bercinta, demikian pula sebaliknya. Jika ingin secara khusus memfokuskan gerakan Tai Chi untuk menguatkan kenikmatan hubungan intim, Anda bisa melatih gerakan Tai Chi khusus, yang disebut gerakan Tantra. Dari hubungan saling menguntungkan antara latihan rutin Tai Chi terhadap energi tubuh dan energi seks. Anda dilatih untuk menghimpun energi dalam tubuh tapi berlatih untuk menggunakannya secara efektif dan efisien. Guna meningkatkan efektivitas penggunaan energi, sehingga anda akan tetap fit dengan stamina terjaga, kenali tigal hal berikut:

a)     Kenali kemampuan energi Anda. Jika Anda merasa aliran energi belum optimum, hindari dulu melakukan aktivitas seks yang menguras energi.
b)        Pelajari cara menabung energi, mengolah dan mengembangkannya. Hal ini hanya bisa Anda ketahui secara gamblang jika Anda telah rutin berlatih tai Chi dengan benar.
c)       Lakukan latihan Tai Chi secara teratur. Jangan lewatkan satu hari pun tanpa Tai Chi, biarpun hanya 5 menit dengan gerakan lamban penuh perasaan dan napas dalam yang terjaga.

6.         Meningkatkan kemampuan "Berhenti di satu titik"
Berlatih Tai Chi memudahkan Anda berkonsentrasi dan "berhenti di satu titik", sehingga pikiran tidak tersebar ke mana-mana. Anda akan lebih mudah mengatur "peristiwa" yang ada dalam pikiran dan benak Anda apakah kehidupan di masa lalukah, melompat ke masa depan, atau kehidupan riil yang nyaman. Dengan rajin berlatih Tai Chi, Anda takjub atas kemampuan Anda untuk berkonsentrasi.

Apa pentingnya hal ini bagi hubungan intim suami-istri?
Dengan pikiran yang terfokus, akan lebih mudah bagi Anda untuk menikmati hubungan intim secara total. Anda dapat meningkatkan dorongan energi yang diperlukan dalam bercinta, sehingga hubungan intim terasa lebih mencengangkan. Jika Anda tak percaya, silahkan buktikan sendiri dengan rajin berlatih Tai Chi secara benar.

Sumber: Majalah Nirmala
http://cybermed.cbn.net.id/cbprtl/cybermed/detail.aspx?x=work+out&y=cybermed|0|0|7|90